Admin Berita

Foodbank Nusantara diluncurkan, Langkah Nyata Bidang 7 BPC HIPMI Kota Cimahi Tekan Angka Kelaparan

Wujudkan Pangan Berkelanjutan serta mendorong terciptanya kestabilan pangan, Bidang 7 BPC HIPMI Kota Cimahi luncurkan Foodbank Nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang 7 BPC HIPMI Kota Cimahi, Ibnu Ramadhan sebelum acara SOWAN (Sedekah Orang Dermawan) Batch 1 di Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat 26 Mei 2023.

Mengingat data yang dilansir cnnindonesia.com menyebutkan 345 juta orang di dunia terancam kelaparan akibat krisis pangan. Presiden Jokowi pun mengingatkan akan  kekurangan pangan dan kelaparan karena perubahan iklim karena perang, yang disampaikan Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023, Senin (15/5).

Berangkat dari hal itu serta variabel lainnya, Bidang 7 BPC HIPMI Kota Cimahi yang berkosentarasi di Pertanian, Perkebunan dan Peternakan merespon cepat dengan meluncurkan Foodbank Nusantara.

“Foodbank Nusantara merupakan sebuah gagasan besar dari Indonesia untuk Dunia, selain mendistribusikan pangan, lalu menuntaskan kelaparan serta berusaha menekan angka penumpukan sampah yang tercatat 19,45 juta ton dan mayoritas adalah sampah sisa makanan dengan angka mencapai 41,55 %. Ini adalah sebuah tantangan, makanya bagaimana BPC HIPMI Kota Cimahi ke depan dengan Foodbank Nusantara ini bisa betul-betul memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, inilah sebagai jembatan dan solusinya,” tegas Ibnu Ramadhan.

Disampaikan juga olehnya, disamping tumpukan sampah yang tak teratasi dengan baik dapat berdampak buruk pada lingkungan sekitar. Seterusnya ditambah fakta global bahwa Indonesia masuk jajaran penghasil sampah plastik dan sisa makanan terbesar dunia. Ngeri bukan? jangan sampai kejadian Cireundeu terulang kembali.

Selanjutnya masih sangat tingginya sampah berasal dari sisa makanan, dengan segala keresahan dan bentuk solusinya Foodbank Nusantara siap sedia menuntaskan kelaparan pangan, mendistribusikan pangan berlebih ke yang membutuhkan serta mengedukasi masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat lingkungan.

Salah satunya lewat terobosan SOWAN (Sedekah Orang Dermawan) ini menjadi program pertama Foodbank Nusantara. “Alhamdulillah kita bisa mendistribusikan pangan sejumlah 20 paket kepada masyarakat yang membutuhkan. Tepatnya kita laksanakan di Pertigaan Sangkuriang, Kota Cimahi, Jawa Barat. Semoga dengan awal gerakan ini bisa terus tumbuh berkembang, maju dan berkibar dalam menuntaskan visi Indonesia Merdeka Pangan”, ujar Ketua Bidang 7 BPC HIPMI Kota Cimahi.

Adapun masyarakat yang menjadi penerima turut bangga dan berbahagia serta mengucapkan banyak terimakasih dan doa untuk kemajuan BPC HIPMI Kota Cimahi.

“Selanjutnya mengenai program Bidang 7 BPC HIPMI Kota Cimahi, yang membidangi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan ini kita mengadakan 3 program utama yakni tadi salah satunya Foodbank Nusantara sebagai implementasi dari sub bidang Pertanian, seterusnya ada SENAPAN (Sekolah Ketahanan Pangan) di bidang Perkebunan, lalu terakhir ada Senter Kilat (Sentrum Peternakan Terintegrasi dan Berdaulat) sebagai program sub Peternakan Bidang 7 BPC HIPMI Kota Cimahi,” sambungnya.